Thursday 16 January 2014

Contoh Scanner Program Java

Program Java

Pagi Guys.
Kali ini saya akan share bagaimana cara menginput dalam Program Java. Disini  saya menggunakan "scanner".
Sebenarnya apasih scanner? Hehe, biar saya bantu anda menjawab. Scanner digunakan pada program Java untuk menginputkan data. Misalnya ketika kita ingin menginputkan Nama, Kelas, Tahun Pelajaran. Tetapi dalam program java tidak hanya scanner yang bisa kita lakukan, anda juga bisa menggunakan JoptinePane, Bufferred. Tapi saya hanya bahas untuk scanner saja. Pada scanner, kita wajib menambah import java.util.Scanner. Import ini berfungsi untuk mendefinisikan scanner. Istilahnya, mengenalkan sistem scanner dalam program. Tanpa import, fungsi scanner dalam program akan di anggap salah, dan menyebabkan program error dan tidak bisa jalan.


Pada scanner, format yang pertama dilakukan adalah menulis importnya. Anda bisa menulis dengan :

import java.util.Scanner;


Lalu diikuti dengan Scanner sc=new Scanner(System.in);

Pada sc, yang saya beri garis bawah itu hanya sebuah variabel, anda bisa menggantinya sesuka hati anda.
Setelah anda menulis scanner baru, anda tinggal memasukkan variabel inputan.
Contoh : String nama=sc.next();
Penjelasan :

String : digunakan untuk menginputkan karakter yang tidak diproses. Contohnya huruf, karakter (!@#$%)
nama : digunakan untuk variabel, atau mewakili data yang kita inputkan. Bisa anda ganti terserah anda.
sc.next() : next ini digunakan untuk menginputkan text. Jika untuk sebuah nilai, digunakan sc.nextInt(). Dan kurung yang kosong ini maksudnya bahwa disini kita akan melakukan sebuah inputan.

Saya akan share contoh sederhananya saja. Seperti menginputkan nama, anda juga bisa menambah sendiri seperti mau menginputkan kelas, tahun, dan lainnya. Ok, tidak perlu lama-lama, berikut ini saya akan share codingnya :


Ini Screenshotnya :

Contoh Scanner Program Java

Sekian dari saya. Lain kali saya akan posting lagi contoh-contoh yang lain.


Jangan lupa tinggalkan coment ya, buat perbaikan dengan postingan saya :)

Terima kasih telah membaca Artikel Contoh Scanner Program Java . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Contoh Scanner Program Java sebagai sumbernya.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

 
 
>
notifikasi
close