Wednesday 22 January 2014

Cara Menggunakan Alat Bantu Flowchart (2)

Bahasa C 

Sebelumnya kita telah membahas tentang simbol dalam flowchart di Cara Menggunakan Alat Bantu Flowchart (1). Jika teman-teman telah mengerti dengan simbol-simbol pada flowchart, saya akan berikan sedikit contoh agar teman-teman bisa lebih paham lagi dengan alat bantu  program flowchart ini.

Contoh soal :
Buatlah logika program dengan menggunakan alat bantu program flowchart untuk menentukan nilai y, dimana bahwa y adalah :

Cara Menggunakan Alat Bantu Flowchart (2)

Saya menyarankan, jika anda akan membuat logika program, analisa dahulu kasusnya seperti apa, jangan langsung membuat programnya. Hal ini akan mempermudah anda membuat logika program.

Untuk menyelesaikan kasus ini, maka yang pertama anda lakukan adalah menentukan set awal, yaitu :
  1. Menentukan tipe data : x=0, y=0. (variabel = 0, menentukan bahwa variabel ini menggunakan tipe data yang bisa diproses. Contoh integer, float, double)
  2. Ungkapan yang digunakan, Jika pada program, ungkapan yang digunakan adalah y=(x+10)/(x+2).
Setelah ini barulah anda membuat program flowchart seperti berikut ini :Cara Menggunakan Alat Bantu Flowchart (2)



Yah seperti ini lah yang dinamakan program flowchart. Ini sangat mudah digunakan, agar anda lebih mudah untuk menganalisa soal sebelum kita membuat sebuah logika program.


Cukup sekian dari saya, jika ada yang ingin ditanyakan ataupun ditambahkan, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini, atau juga bisa langsung mengirim ke email saya.

Terima kasih telah membaca Artikel Cara Menggunakan Alat Bantu Flowchart (2) . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Cara Menggunakan Alat Bantu Flowchart (2) sebagai sumbernya.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

 
 
>
notifikasi
close