Friday 17 January 2014

Contoh IF Mencari Nilai Pada Program Java

Program Java

Sore para blogger.
Sore ini saya akan share bagaimana cara menggunakan logika IF dalam program Java. Sama seperti yang lalu, saya masih menggunakan program Netbeans IDE 6.9.
Sedikit menjelaskan, IF adalah melakukan seleksi untuk mencari nilai TRUE/FALSE dari data yang akan kita seleksi.

Pada kesempatan ini saya menggunakan contoh IF-ELSE.

Format logika IF-Else pada java adalah :
if(kondisi 1)
{
          Intruksi 1;
}
          Else if(kondisi 2)
          {
                   Instruksi 2;
          }

Penjelasan :
Kondisi : ini untuk menentukan nilai yang akan kita eksekusi. Misalnya a<1, atau a>5. Maka pada kondisi ini, akan terlihat benar dan salahnya data yang akan kita eksekusi.

Instruksi : Ini digunakan ketika kondisinya bernilai benar. Barulah instruksi akan dijalankan. Contoh : kondisi nya a<5. Dan ketika inputkan data, nilai a kita isi dengan 4. Dan kondisi ini benar, karena 4<5. Maka instruksinya baru akan bisa terlaksana.

Salah satu contohnya yang akan saya share adalah tentang bagaimana mencari nilai huruf, misalnya jika :

Jika nilai, 80-100 =A
Jika nilai, 60-79 = B
Jika nilai, 40-59 = C
Jika nilai, 20-39 = D
Jika nilai, 0-19 = E

Berikut ini screen shotnya :


Contoh IF Mencari Nilai Pada Program Java

Hehe, sudah jelaskan contohnya, saya akan bagikan ke teman-teman semua untuk coding nya seperti apa.


Cukup sekian dari saya, semoga bermanfaat. Tunggu contoh program selanjutnya ya.

Jangan lupa tinggalkan coment ya, buat perbaikan dengan postingan saya :)

Terimakasih.

Terima kasih telah membaca Artikel Contoh IF Mencari Nilai Pada Program Java . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Contoh IF Mencari Nilai Pada Program Java sebagai sumbernya.

Artikel Terkait

1 comment:

  1. gan itu kan nilai tipe integer, bagaimana kalau nilai tipenya float

    ReplyDelete

 
 
>
notifikasi
close